Pulau Tidung Besar

Pulau Tidung Besar adalah bagian dari kelurahan Pulau Tidung secara keseluruhan. Pulau Tidung besar mempunyai luas daratan yang lebih besar dari pulau-pulau di sekitarnya. Pulau ini dihuni oleh hampir 1000 kepala keluarga yang tersebar mulai daerah timur ( kampung kelor ) ke daerah barat ( daerah kampung baru ). Sebagai bagian dari kelurahan Pulau Tidung, didalamnya terdapat beberapa kantor dan fasilitas umum seperti kantor kelurahan, kantor kecamatan kepulauan seribu selatan, Puskesmas, Kantor kepolisian sektor kepulauan seribu selatan, dermaga dinas perhubungan, dermaga nelayan, dan lain sebagainya.pulau tidung besar map

Pulau Tidung Besar merupakan pusat seluruh kegiatan masyarakat yang tinggal di Pulau Tidung. Maka tidak heran disinilah terdapat perumahan penduduk dan juga sebagian besar penginapan atau homestay yang digunakan oleh para wisatawan untuk menginap. Guna mendukung kemajuan pariwisata pulau tidung sudah mendapat aliran listrik bawah laut yang sudah tersedia selamat 24 jam penuh. Hal ini juga ikut menjadi sarana penunjang bagi semua sendi kegiatan masyarakat di sana. Jika dulu pasokan listrik hanya mengandalkan tenaga diesel yang hanya tersedia pada waktu tertentu, kini hampir semua perabotan rumah tangga juga bisa menggunakan daya listrik dari PLN termasuk pendingin ruangan ( AC ) yang memerlukan daya lumayan besar.

Pulau Tidung Besar mempunyai bentuk memanjang dengan bagian terlebar berada di tengah pulau. Di ujung pulau tidung besar ini merupakan area wisata yang dikenal sebagai tanjungan timur dan tanjungan barat. Jembatan Cinta adalah salah satu objek wisata yang berada di wilayah tanjunang timur pulau tidung dan terhubung langsung dengan pulau tidung kecil. Sedangkan di daerah tanjungan barat terdapat pantai yang masih alami dikenal dengan nama pantai saung perawan dan pantai saung cemara kasih. dua tempat inilah yang biasanya menjadi favorite wisatawan untuk menghabiskan waktu ketika menjelang senja atau sunset.

Untuk mengitari pulau tidung besar hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan bersepeda disepanjang pantai. Jalanan di pulau tidung ini adalah jalanan dengan landasan paving blok yang tersusun rapi dari ujung timur sampai ujung barat. Jalanan ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 dan roda 3 seperti sepeda, sepeda motor, dan becak motor. Bagi wisatawan yang tidak bisa bersepeda dapat juga menggunakan jasa angkutan becak motor yang banyak tersedia dengan tarif bervariasi tergantung jarak tujuan.

Comments

Comments are closed